Sekretaris Mahkamah Agung Membuka Rapat Kerja Daerah Peradilan Agama Sewilayah Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung Website Pengadilan Agama Tanjung Karang
logo mahkamah agung website ramah difable
Proses Berperkara

Artikel

Sekretaris Mahkamah Agung Membuka Rapat Kerja Daerah Peradilan Agama Sewilayah Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung

Sekretaris Mahkamah Agung Membuka Rapat Kerja Daerah Peradilan Agama Sewilayah Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung

Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung selalu melaksanakan acara fenomenal setiap tahunnya, seperti acara Rakerda yang dilaksanakan pada hari ini, Kamis, 01 Februari 2018. Rakerda yang digunakan sebagai sarana untuk memicu semangat kerja kita. Tema Rakerda kali ini adalah “Meningkatkan kinerja berbasis Akreditasi Penjaminan Mutu menuju Peradilan yang Agung dan Modern.

Rakerda kali ini di laksanakan di Swiss Bell Hotel, Bandar Lampung, dihadiri oleh seluruh jajaran pimpinan pada Pengadilan Agama sewilayah Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung, hadir mewakili Pengadilan Agama Tanjung Karang Kelas IA adalah Ketua (Drs. H. Ediwarman, SH., MH.), Wakil Ketua (Drs. H. Ayep Saepul Miftah), Panitera (Itna Fauza Qadriyah, SH., MH.), Sekretaris (Sudiman, SH.) dan Panitera Muda Permohonan selaku Perwakilan IPASPI (Deska Pitrah, SH., MH.)

Acara Rakerda kali ini terasa istimewa karena dihadiri oleh Sekretaris Mahkamah Agung (Achmad Setyo Pudjoharsoyo, SH.,M.Hum). Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa tema yang diangkat dalam Rakerda ini adalah tema yang sangat berat, manakala kita memasukkan tema itu sebagai ceremonial saja. Ketika kita tidak bisa mewujudkan ini, atau mewujudkan dengan semangat yang kurang dan tidak seperti yang diharapkan tentunya nanti akan menjadi sia-sia. Beliau berharap peradilan tingkat banding yang umum juga sama dan juga bila perlu Rakerda yang dilaksanakan adalah Rakerda yang terdiri dari 4 atau 3 lingkup peradilan yang ada di Propinsi Lampung.

Kenapa ini saya tekankan? Karena kita ini dalam satu wadah yang sama, kita berada dibawah Mahkamah Agung sebagai Lembaga Yudikatif sebagai sokoguru Negara yang berada dibawah payung Hukum. Oleh karena itu, dalam setiap visi misi yang dikembangkan, dipakai sebagai acuan untuk mencapai masa depan setiap peradilan dan harus mencerminkan visi misi yang dikembangkan Mahkamah Agung untuk mencapai suatu peradilan yang diharapkan oleh semua masyarakat Indonesia, ungkap Beliau.

Visi Mahkamah Agung adalah menuju peradilan Indonesia yang Agung. Maka peradilan-peradilan yang ada di bawahnya juga mempunyai tujuan yang sama. Kita tidak boleh membangun visi misi yang sektoral sifatnya, sebagaimana yang menjadi arahan Kementerian Keuangan dalam membangun visi misi, setiap arah kebijakan harus diarahkan kepada visi yang besar bukan visi misi yang sektoral.

Rakerda yang seperti ini harus dijadikan konvensi oleh tiap-tiap daerah dalam melaksanakan kegiatan, lebih bagus lagi jika bisa diadakan bersama dengan tiap-tiap peradilan, ini akan berdampak sangat luas. Itulah mengapa Akreditasi Penjaminan Mutu dan kemudian sertifikasi yang diterima di pengadilan-pengadilan menjadi tolak ukur komitmen kita dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, bukan tujuan akhir untuk mendapatkan sertifikat, sehingga pengadilan-pengadilan yang saat ini masih mendapatkan akreditasi B tentu mesti patut bersyukur karena masih diberi kesempatan untuk terus maju mendorong memberikan pelayanan kepada masyarakat yang terbaik di lingkungan / diwilayah hukumnya. Demikian juga yang mendapatkan akreditasi A Excelent jangan kemudian berhenti dan istirahat, tapi justru akreditasi sertifikasi itu adalah bentuk komitmen kita untuk lebih kedepan memberikan pelayanan hukum kepada masyarakat. Maka segala daya upaya yang harus ditempuh / dilakukan adalah bersinergi dengan satuan kerja dilingkungan kerjanya termasuk dengan pemerintah daerahnya.

Dalam kesempatan itu juga, beliau mengucapkan terimakasih melalui ibu Theresia, staf ahli hukum yang saat itu berkesempatan hadir mewakili Gubernur Lampung, kepada Gubernur Lampung, Bapak Ridho Ficardo, terimakasih karena hari ini Beliau merasa tersanjung/terhormat karena diterima sebagai warga propinsi Lampung. Kemudian ucapan terimakasih kepada Gubernur karena telah memberikan suport kepada peradilan yang berada diwilayah Lampung. Beliau mendapat berita besar bahwa pelayanan kepada masyarakat oleh peradilan yang berada di Lampung ini benar-benar mendapat dukungan penuh dari pemerintah setempat. Itulah pesan Bapak Ketua Mahkamah Agung yang disampaikan sebelum Beliau berangkat ke Lampung.

Diakhir sambutannya, beliau menyampaikan bahwa jika kita berbicara mengenai akreditasi, jangan dimaknai bahwa ini adalah identik dengan semua yang harus serba baru, serba wah, tetapi akreditasi bukan hanya bentuk fisiknya, tetapi akreditasi adalah juga batin kita, sikap dan perilaku kita, terutama para tenaga teknis yang ada dan juga para tenaga non teknisnya. Kalau kita hanya berfikiran kalau akreditasi hanya bentuk fisiknya yang baik, maka pengadilan yang tidak memiliki anggaran tidak akan dapat melaksanakan akreditasi. Tetapi marilah kita maksimalkan dan memperbaiki fasilitas yang sudah ada, dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

TypographyDengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor 3/DJU/HM02.3/6/2014 tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.1.3), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 

LPSE

TypographyLayanan Pengadaan Secara Elektronik Mahkamah Agung RI.

Kunjungi

E-LEARNING

TypographyE-Learning Mahkamah Agung RI

Kunjungi