logo mahkamah agung website ramah difable
Proses Berperkara

Artikel

DDTK Upgrading Meja Informasi dan Meja III Pengadilan Agama Tanjungkarang Kelas IA

DDTK Upgrading Meja Informasi dan Meja III Pengadilan Agama Tanjungkarang Kelas IA

Tanggal 13 Maret 2018 pukul 15.00 wib. Petugas Meja Informasi, Meja I, Meja II, Meja III dan Meja Receptionis serta Seluruh Panitera, Jurusita/Jurusita Pengganti Pengadilan Agama Tanjungkarang berkumpul di ruang sidang tiga melaksanakan Diklat Ditempat Kerja (DDTK) mengenai Sosialisasi hasil Upgrading Meja Informasi dan Meja III yang telah diadakan oleh Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung dari tanggal 19 dan 20 Februari bertempat di hotel Arnes.

 DDTK Upgrading Meja Informasi dan Meja III dipimpin langsung oleh Panitera Pengadilan Agama Tanjungkarang (ITNA FAUZA QADRIYAH, S.H., M.H.) dengan Anggota KIPTIYAH, S.H., M.H. sebagai pembawa acara dan sekaligus Notulen, Materi disampaikan oleh ASTRI KURNIAWATI, S.H., M.H.

 “Mbak Astri…” biasa dipanggil menyampaikan materi Upgrading Meja Informasi dan Meja III secara ringkas dan padat diantaranya mengenai tujuan diadakannya pelatihan Upgrading adalah untuk meningkatkan profesionalitas petugas front office dalam memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat yang prima kepada masyarakat sebagai pengguna pengadilan. Diharapakan dengan pelayanan prima dapat semakin memudahkan akses masyarakat yang memerlukan informasi yang diperlukan dengan efektif dan efesien.

 Adapun materi yang didapatkan dari pelatihan tersebut lebih banyak membahas tentang Meja Infomasi. Meja Informasi adalah garda terdepan Pengadilan Agama dalam memberikan pelayanan public. Oleh karena itu apabila garda depan ini tidak mencerminkan pelayanan yang baik sulit diharapakan terciptanya opini pengguna pengadilan yang menyatakan bahwa pengadilan agama telah melakukan palayanan secara prima.

 Secara garis besar hal-hal yang perlu diketahui dari hasil upgrading dapat dikemukakan sebagai berikut :

  1. Petugas Meja Informasi perlu memahami peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan pelayanan informasi di lembaga Peradilan;
  2. Petugas Meja Informasi perlu memahami pelayanan yang baik dan pelayanan yang buruk;
  3. Petugas Meja Informasi perlu memahami berbagai katagori pencari informasi;
  4. Petugas Meja Informasi harus sungguh-sungguh memahami perannya dan mengetahui apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan;
  5. Petugas Meja Informasi harus memahami indepedensi lembaga peradilan;
  6. Petugas Meja Informasi perlu memberikan kesan pertama yang baik, serta terampil memilih kalimat sejak membuka hingga menutup layanan;
  7. Petugas Meja Informasi harus memahami cara keluhan atau pengaduan;
  8. Petugas Meja Informasi perlu memahami cara melayani korban KDRT;
  9. Petugas Meja Informasi perlu memahami cara melayani penyandang disabilitas.

 

 


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

TypographyDengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor 3/DJU/HM02.3/6/2014 tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.1.3), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 

LPSE

TypographyLayanan Pengadaan Secara Elektronik Mahkamah Agung RI.

Kunjungi

E-LEARNING

TypographyE-Learning Mahkamah Agung RI

Kunjungi