logo mahkamah agung website ramah difable
Proses Berperkara

Artikel

Pembinaan SAPM oleh Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama (Dr. Hi. Hasbi Hasan, M.H.)

Pembinaan SAPM oleh Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama (Dr. Hi. Hasbi Hasan, M.H.)

Pukul 10.00 Wib. Hari Rabu, Tanggal 14 Maret 2014  seluruh Hakim, Pegawai  serta Tenaga Honorer Pengadilan Agama Tanjungkarang berkumpul di Ruang Aula untuk mendengarkan pembinaan dari Bapak Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama (Dr. Hi. Hasbi Hasan, M.H.) mengenai Sertifikasi Akreditasi Penjamin Mutu (SAPM) Tahun 2018.

Acara Pembinaan diawali dengan sambutan oleh Ketua Pengadilan Agama Tanjungkarang Kelas IA      (Drs. Hi. Ediwarman, S.H., M.H.) yaitu menyambut bahagia kedatangan Bapak Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama dan  memohon pembinaan dan Pencerahan dari  Bapak Direktur  agar pada tahun 2018 ini Pengadilan Agama Tanjungkarang mendapatkan SAPM dengan nilai A Excellent.

Selanjutnya Dr. Hi. Hasbi Hasan, M.H. menyampaikan Pembinaan yaitu pertama Seluruh Hakim dan Pegawai harus Menggalakkan dan Berkomitmen mengenai SAPM kemudian diharuskan Ketua yang Responsive terhadap SAPM dan Wakil Ketua wajib Agresip dalam SAPM.

Yang Kedua Kata Drs. Hi. Hasbi Hasan, M.H. “untuk mendapatkan SAPM harus diawali dengan Performance (Tampilan) yang bagus mulai dari gedung, pelayanan serta sarana dan prasarananya”.  Sehingga diharapkan seluruh masyarakat baik pencari keadilan maupun pengguna Pengadilan Agama Tanjungkarang merasa terlayani dengan baik dan nyaman.

Kemudian Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung (Drs. Arief Hidayat, S.H.) menambahkan ciri SAPM berhasil yaitu dengan cara pastikan bahwa tidak ada keluhan dari stakeholder/pelanggan  baik dari Eksternal yaitu masyarakat pencari keadilan maupun pengguna Pengadilan Agama Tanjungkarang. Dan dari Internal yaitu seluruh Hakim dan Pegawai Pengadilan Agama Tanjungkarang.

Acara Pembinaan ditutup dengan Do’a bersama yang dipimpin oleh Drs. H. Wasyhudi, M.Hum. (Hakim Pengadilan Agama Tanjungkarang)


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

TypographyDengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor 3/DJU/HM02.3/6/2014 tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.1.3), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 

LPSE

TypographyLayanan Pengadaan Secara Elektronik Mahkamah Agung RI.

Kunjungi

E-LEARNING

TypographyE-Learning Mahkamah Agung RI

Kunjungi