KULTUM KELUARGA BESAR PENGADILAN AGAMA TANJUNGKARANG RABU, 08 Maret 2018 Website Pengadilan Agama Tanjung Karang
logo mahkamah agung website ramah difable
Proses Berperkara

Artikel

KULTUM KELUARGA BESAR PENGADILAN AGAMA TANJUNGKARANG RABU, 08 Maret 2018

KULTUM KELUARGA BESAR PENGADILAN AGAMA TANJUNGKARANG KELAS IA

Masjid Almahkamah Pengadilan Agama Tanjungkarang. Rabu, 7 Maret 2018 Ba’da Dzuhur seperti biasanya seluruh Keluarga Besar Pengadilan Agama Tanjungkarang Kelas IA melaksanakan kegiatan rutin yang bertujuan untuk memberi pencerahan jiwa karena manusia adalah makhluk yang banyak lupa untuk itu saling mengingatkan dengan Kultum (kuliah tujuh menit) setelah shalat zuhur berjamaah.

 Adapun Pembicara Kultum pada siang hari ini oleh Bapak Hakim Pengadilan Agama Tanjungkarang Kelas IA (Drs. Machfudl S.) bertema “Inna A’malu Bin Niat” yaitu membahas tentang Melafadzkan Niat. Selanjutnya beliau menyampaikan Dalam kitab Imam Assayuti membahas tentang niat antara lain Hukum niat, Kedudukan Niat, Tujuan Niat, Tempat niat dan waktu niat.

 Kemudian bapak Drs. Machfudl S. menjelaskan tentang Talafadz bin Niat menurut 4 mazhab yaitu :

  1. Mazhab Imam Abu Hanifah “talafud bin niayah” artinya sunnah untuk memberikan kesempurnaan niat di dalam hati (baca Kitab Al Bada’I Al Shanany fi Tartib Al Syara, jilid 1 halaman 127, Abdul Muhtar, jilid 1, halaman 406, Al Lubab jilid I, Halaman 66.
  2. Mazhab Imam Malik yaitu sebaiknya niat tidak dilafadzkan kecuali ragu karena itu menjadi sunnah melafadzkan niat shalat untuk menghilangkan keraguan (surat As-Shogir jilid I halaman 303 dan 305).
  3. Mazhab Syafe’I yaitu sunnah melafadzkan niat menjelang takbiratul ikram dan wajib menentukan jenis shalat yang dilakukan (Majmu Syad Al-Muhazab julid III halaman 243 dan 252).
  4. Mazhab Hambali yaitu sunnah melafazkan niat dengan lisan (Al Mughni jilid I, halaman 464-469)

 Semoga dengan di adakannya kegiatan rutin siraman rohani ini (Kultum) di harapkan akan menambah Ilmu, keimanan dan ketaqwaan seluruh keluarga besar Pengadilan Agama Tanjungkarang Kelas IA kepada Allah SWT. dan dapat mempererat jalinan silaturahmi seluruh para Hakim, Pejabat dan Karyawan Pengadilan Agama Tanjungkarang Kelas IA.

 


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

TypographyDengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor 3/DJU/HM02.3/6/2014 tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.1.3), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 

LPSE

TypographyLayanan Pengadaan Secara Elektronik Mahkamah Agung RI.

Kunjungi

E-LEARNING

TypographyE-Learning Mahkamah Agung RI

Kunjungi