Ketua Pengadilan Agama Tanjungkarnag Telecomference dengan Dirjen Badilag Website Pengadilan Agama Tanjung Karang
logo mahkamah agung website ramah difable
Proses Berperkara

Artikel

Ketua Pengadilan Agama Tanjungkarnag Telecomference dengan Dirjen Badilag

Ketua Pengadilan Agama Tanjungkarang Drs. H. EDIWARMAN, S.H., M.H., melakukan telecomference bersama Dirjen Badilag Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H., telecomference ini diikuti oleh 5 (lima) Pengadilan Agama yaitu : Pengadilan Agama Morotai, Pengadilan Agama Palu, Pengadilan Agama Tanjungkarang, Pengadilan Agama Tanjung Gledek dan Pengadilan Agama Sekayu dalam rangka lomba Inovasi Pelayanan Publik.

Telecomference dilaksanakan Kamis, (13/12), pukul 16.00 Wib. di Ruang Wakil Ketua Pengadilan Agama Tanjungkarang Kelas IA, Ketua Pengadilan Agama Tanjungkarang berbicara langsung dengan Dirjen Badilag Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H.  menyampaikan Inovasi Pelayanan Publik di Pengadilan Agama Tanjungkarang yang bernama “SIGER” (Sistem Integrasi Gugatan/Permohonan).

Inovasi “SIGER” (Sistem Integrasi Gugatan/Permohonan) ini akan sangat membantu petugas bagian pendaftaran dalam hal crosscheck kesesuaian antara softcopy dan hardcopy surat gugatan atau permohonan yang disampaikan pencari keadilan dan selain itu juga disediakan checklist sesuai atau tidaknya data yang diverifikasi, setelah bersesuaian selanjutnya akan ditandatangani oleh para pencari keadilan, sehingga data yang dierahkan akan benar-benar valid dan checklist tersebut dapat menjadi acuan jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti misalnya para pihak yang protes terhadap produk hukum yang dihasilkan oleh Pengadilan Agama Tanjungkarang.

Inovasi “SIGER” tidak memakan biaya yang mahal cukup dengan sedikit kreatifitas dengan memanfaatkan PA yang ada. Inisiator inovasi SIGER yaitu Panitera Muda Permohonan Pengadilan Agama Tanjungkarang Kelas IA (Deska Pitrah, S.H., M.H.) dan dibantu oleh Kasubbag. Perencanaan, TI dan Pelaporan (Erlin Faulina, S.T.) serta Tim IT Pengadilan Agama Tanjungkarang.

 


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

TypographyDengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor 3/DJU/HM02.3/6/2014 tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.1.3), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 

LPSE

TypographyLayanan Pengadaan Secara Elektronik Mahkamah Agung RI.

Kunjungi

E-LEARNING

TypographyE-Learning Mahkamah Agung RI

Kunjungi